Selasa, 22 Oktober 2013
INPUT DEVICE
09.34 |
Diposting oleh
chocoffee |
Edit Entri
Input
device adalah suatu unit yang berfungsi sebagai suatu media untuk
memasukkan data dari luar komputer ke dalam prosesor atau memory untuk
diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan. Melalui gambaran umum
yang kami tuliskan diatas, kita dapat mengetahui makna dan kegunaan dari
input device itu sendiri. Input device / alat masukan memasukkan data
berupa signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data
yang dimasukkan ke dalam komputer, sedangkan maintenance input berbentuk
program digunakkan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi, input
device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan
untuk memasukkan program.
Macam-macamnya:
Keyboard
Penciptaan
keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar
rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun
1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard
komputer pertama disesuaikan dari kartu berlubang (punched card) dan
teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer
ENIAC menggunakan alat untuk membaca kartu berlubang (punched card
reader) sebagai alat
input dan output.
Keyboard
merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk
mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.
Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan
tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 -
9, tombol dan karakter khusus seperti: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + =
<> /, .?: ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang
jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik biasa
jumlah tutsnya hanya 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang,
tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Mouse
Merupakan
perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara
menekan tombol klik. Pada mouse secara umun terdiri dari dua tombol
eksekusi dan satu scroll. Pada layar monitor akan tampak lambang mouse
yang disebut dengan pointer. Mouse biasanya digunakan di atas permukaan
yang rata. dan biasanya para user menggunakan mouse pad sebagai alas
dalam menggunakan mouse. Apabila mouse digerakkan ke sebelah kanan,
secara otomatis pointer akan bergerak ke kanan. Begitu juga sebaliknya.
Ada tiga jenis tipe mouse yaitu:
a. Mouse mekanis
Mouse Mekanis
Mouse
yang pertama kali muncul ini menggunakan sebuah bola untuk mengontrol
pergerakan pointer. Bola mouse bentuknya kecil dan terletak pada bagian
bawah mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat
di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya.
Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan
pergerakan pointer, yang satu searah horizontal (mendatar) dan satu lagi
vertikal (atas dan bawah).
Jika
pengendali horisontal digerakkan, maka pointer hanya akan bergerak
secara horizontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika
pengendali vertikal yang digerakkan, maka pointer hanya bergerak secara
vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan
pointer akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali,
maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak
tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
b. Mouse optic
Mouse Optic
Seiring
dengan perkembangan teknologi mouse, maka ditemukan beberapa kelemahan
ketika menggunakan mouse biasa, di antaranya adalah: bola mouse macet,
sehingga sulit digerakan, alas mouse yang tak rata menyebabkan
pergerakan mouse menjadi terhambat, penutup bola mouse kadangkala
terlepas yang mengakibatkan bola lepas dan debu masuk ke dalam mouse dan
menyebabkan pengendali gerak sulit digerakkan. Kemudian diciptakan
mouse menggunakan sinar infra merah (infra red) yang digunakan sebagai
sensor. Mouse ini sudah tidak menggunakan bola lagi untuk menggerakkan
pointer.
c. Mouse wireless
Mouse wireless
Untuk
mengatasi kendala panjang kabel yang terbatas, maka teknologi wireless
menjadi jawabannya. Ketika pada awalnya, pergerakan mouse terbatas oleh
panjang kabel, maka setelah muncul wireless mouse dapat digerakkan lebih
bebas asalkan masih dalam jangkauan sensor mouse.
Perintah
input data pada mouse antara lain klik kanan, klik kiri, drag, drop dan
scrolling. Klik kiri secara umum digunakan sebagai tombol utama
eksekusi. Klik kanan digunakan untuk mengeluarkan menu-menu tertentu.
Drag artinya menggeser objek pada layar monitor dengan cara menekan klik
kiri dengan menahan beberapa saat disertai gerakan menggeser mouse.
Drop adalah proses meletakkan objek setelah drag. Sedangkan scrolling
adalah gerakan menggulung menggunakan tombol scroll.
Touchpad
Digunakan
sebagai pengganti mouse. Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu
untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Alat masukkan ini
biasanya terdapat pada laptop dan notebook. Sedangkan penggunaannya
menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan
yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.
Light pen
Light pen adalah:
alat masukan yang berfungsi sebagai pointer elektronik, digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar, langsung diatas screen (monitor).
Cara kerja light pen adalah sensor yang terdapat didalam light pen
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer dan kemudian cahaya tersebut
direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
Digital kamera
Sekarang ini, teknologi telah berkembang dengan begitu pesatnya, hal
itu dapat dibuktikan dengan telah hadirnya digital camera. Digital
camera adalah alat masukan yang dapat digunakan untuk memasukan data
berupa gambar. Digital camera dapat mengambil dan merekam gambar statis
(diam atau tidak bergerak), maupun gambar dinamis (bergerak) seperti
video dengan ukuran relatif cukup besar. Dan kemudian dapat dimasukan ke
dalam komputer, sehingga gambar tersebut dapat diolah sesuai kebutuhan
dan disimpan dalam media penyimpanan.
Graphics pads
Graphics pads adalah: alat
masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pad digunakan
dalam teknologi computer aided design (CAD) untuk membuat rancangan
bangunan, rumah, mesin mobil, pesawat, dan lain-lain.
Barcode
Barcode adalah:
alat masukan yang digunakan untuk membaca kode yang berbentuk
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, dan produk lainnya. Barcode digunakan setiap kasir di toko,
dan supermarket untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya.
Fungsi
alat ini adalah untuk menyimpan suatu kode yang berbentuk garis - tebal
vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Tapi,
sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR Code
yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar daripada
barcode [Baca: QR Code].
Bar
code adalah pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada
barang-barang yang dijual di toko-toko swalayan untuk mempercepat proses
pemasukan data transaksi penjualan.Bar code di baca dengan alat yang
disebut Bar Code Reader yang berupa semacam scanner foto elektris yang
dapat mengonversi data Bar Code menjadi sinyal digital.
Joystick
Joystick adalah:
merupakan alat masukan yang dibuat dan di design untuk digunakan dalam
permainan atau games komputer. Joy Stick mempunyai bentuk seperti
tongkat dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam permainan atau games komputer tersebut, dan terbuat dari
plastik.
Touch Screen
Peranti
penunujuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga
memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layer
secar langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Layar sentuh ini
biasanya terbungkus oleh plastik dan di belakangnya terdapat sinar
inframerah yang tak terlihat. Lokasi sinar inframerah yang terputus oleh
tekanan jari inilah yang memberitahu computer tentang lokasi perintah
yanag dikehendaki pemakai.
Microphone
Mikrofon
Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan
disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung
oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.
Prinsip kerja mikropon sebenarnya adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik.
Pembaca Sidik Jari ( Fingerprint reader )
Adalah
peranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang.hasil
pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari
seseorang.Perangkat ini dapat dijadikan sebagai alat untuk menangani
kehadiran pegawai atau untuk memasuki tempat-tempat yang bersifat
rahasia dan diakses secara otomatis.Dalam hal ini, sidik jari berlaku
sebagai identitas seseorang.
Optical Mark Recognition ( OMR )
Adalah
peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi
bentuk yang dapat digunakan oleh komputer.Peranti ini membaca masukan
dengan batuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan.Contoh
pemanfaatnnya adalah pada tes-tes penerimaan mahasiswa baru.
Keuntungan
pemanfaatan OMR selain dalam kecepatan memproses juga dalam ketelitian
karena terhindar dari kesalahan manusia dalam mengoreksi.
Optical Character Recognition (OCR)
Adalah
peranti yang dapat membaca teks dan mengkonversikannya ke dalam kode
digital yang nantinya diproses oleh komputer. Sistem OCR terdiri atas
perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data. Pengembangan
lebih lanjut memungkinkan adanya peranti yang dapat membantu
menerjemahkan teks membantu orang yang tak dapat membaca dengan mengubah
teks menjadi suara, membaca cerita untuk anak-anak, memasukkan data
dari teks di majalah ke memori atau ke tempat kursor di pengolah kata,
merekam alamat, mencatat secara langsung hal-hal penting, dan merekam
naskah untuk keperluan perpustakaan.
Webcam
Perkembangan
teknologi memungkinkan orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan
bicaranya. Salah satu perangkat yang membantu hal tersebut adalah
webcam. Dengan web camera (webcam), seseorang bisa berkomunikasi atau
chatting sambil melihat lawan bicaranya.
Webcam
adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor
komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung
menyimpannya dalam hard drive komputer kita.
Scanner
Scanner adalah:
alat masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang
kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer dan
selanjutnya gambar atau teks tersebut dapat ditambah, ditambah,
dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke dalam
harddisk dan media penyimpanan lainnya, dalam format file teks, dokumen,
dan gambar. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti
mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung
dicetak pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi,
dimodifikasi dan tidak dapat disimpan dalam media penyimpanan. Sedangkan
scanner hasilnya langsung ditampilkan melalui monitor, dan hasil
tersebut dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi dan dapat disimpan
dalam media penyimpanan.
Peranti sensor
Adalah
peranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan.Contoh
pemanfaatanya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detector kecepatan
laju kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan
angin ynag mendadak, pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan juga
untuk pengontrolan pada rumah tangga misal, Hawkeye yang dapat memantau
kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan.
Camcoder
Kamera
video atau sering disebut dengan video camera recorder atau camcorder
digunakan untuk merekam citra yang bergerak. Camcorder adalah alat
perekam elektronik portable yang mempunyai kemampuan video live-motion
dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV,
dan Komputer.Camcorder dapat dikategorikan sebagai alat input.
Touchtone (Dual Tone Multi Frequenty)
Adalah
peranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telepon untuk
memasukan informasi atau perintah. Contoh pemanfaatan touchtone yaitu
untuk membentuk fasilitas layanan informasi saldo rekening pada bank,
pada registrasi mahasiswa, pada activehome yang menggunakan media telepon untuk mengendalikan berbagai fasilitas dalam rumah.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar